Full width home advertisement

Travel the world

Climb the mountains

Post Page Advertisement [Top]



Cutting adalah istilah dalam fitness yaitu suatu masa atau proses untuk melakukan penyempurnaan pada otot tubuh agar otot yang ada lebih terlihat jelas, padat, dan berisi. Jadi massa otot tidak berkurang tetapi yang berkurang adalah lemak. Proses cutting sebenarnya akan membuat volume tubuh agak berkurang karena lemak yang ada akan dihilangkan dari tubuh. Akan tetapi agar volume tubuh tidak erlalu terpangkas maka anda harus bisa menyiasatinya sehingga volume otot yang sudah ada tetap terjaga, dan lemak yang ada akan terbuang. Dengan demikian otot yang telah anda latih akan terlihat dengan sangat jelas dan bahkan akan timbul urat-urat halus disekitar otot tersebut. 

Disini akan dijelaskan tips-tips agar cutting dapat anda lakukan dengan benar sehingga mendapatkan hasil yang maksimal
1.    Beban sedang dan repetisi banyak
Pada saat melakukan latihan, jangan menggunakan beban yang terlalu ringan atau terlalu berat tetapi gunakanlah beban yang sedang namun dengan repetisi atau pengulangan yang lebih banyak sampai anda merasa pegal pada bagian otot yang anda latih tersebut.
2.    Konsentrasi pada otot yang ingin dilatih
Anda dapat melatih bagian otot tertentu saja yang ingin dibuat agar ototnya lebih kelihatan. Namun ketika melakukan pelatihan, anda harus fokus pada otot tersebut, misalnya anda ingin melatih punggung, maka konsentrasikan kekuatan anda pada bagian punggung bukan tangan, meskipun secara otomatis tangan juga akan dilatih dengan sendirinya.
3.    Lakukan latihan kardio secukupnya
Latihan kardio adalah cara yang sangat ampuh untuk melakukan cutting tetapi anda tidak boleh berlebihan dalam melakukannya. Misalnya anda lari dengan kecepatan sedang cukup selama 30-45 menit. Apabila terlalu banyak lemak yang anda bakar, malah akan mengambil otot pada bagian tubuh lain yang anda tidak inginkan. Anda bisa melakukan latihan kardio seperti lari, renang, bersepeda, senam aerobic, atau zumba dance.
4.    Diet dan Menjaga Pola Makan
Saat anda melakukan cutting, anda harus melakukan diet dan menjaga pola makan, yaitu anda harus mengurangi konsumsi karbohidrat seperti nasi putih dan memperbanyak mengkonsumsi protein seperti telur, daging merah, maupun kacang-kacangan dan makanan yang mengandung serat tinggi seperti sayur dan buah-buahan.
5.    Konsumsi suplemen pembakar lemak
Agar supaya proses cutting lebih sempurna ketika anda latihan, ada baiknya dibantu dengan menggunakan supleme. Namun jangan pernah berharap cutting dapat optimal ketika anda hanya mengkonsumsi suplemen tanpa latihan. Suplemen ini hanya bermaksud untuk mengoptimalkan proses cutting tersebut.
6.    Istirahat yang cukup
Pada masa cutting ini anda tetap harus melakukan istirahat yang cukup minimal 8 jam agar otot yang telah dirusak selama proses latihan akan diperbaharui selama anda beristirahat. Selain itu jangan melakukan latihan setiap hari. Anda bisa melakukan latihan tiga hari berturut-turut dan meluangkan waktu sehari untuk istirahat atau tidak melakukan aktivitas latihan beban atau kardio.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]